Pengembangan Aplikasi Virtual Tour Berbasis Web untuk Islamic Centre Kabupaten Rokan Hulu

Penulis

  • Abidin Sulaiman HBC Computer, Indonesia
  • Yola Permata Bunda Sistem Informasi, Fakultas Sains & Teknologi, Universitas Tjut Nyak Dhien, Indonesia
  • Imam Rangga Bakti Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Pasir Pengaraian, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.596

Kata Kunci:

aplikasi, islamic centre, Virtual Tour, web

Abstrak

Dengan perkembangan teknologi yang pesat, metode konvensional dalam penyampaian informasi pariwisata mulai ditinggalkan. Islamic Centre Kabupaten Rokan Hulu, sebagai pusat keagamaan dan wisata, membutuhkan inovasi untuk promosi yang lebih modern, Permasalahan utama yang dihadapi oleh Islamic Centre Kabupaten Rokan Hulu dalam promosi adalah ketergantungan pada metode konvensional yang kurang efektif dan tidak mampu menarik perhatian wisatawan secara luas. Informasi tentang Islamic Centre sering kali terbatas pada media cetak atau penyampaian langsung, yang mengakibatkan rendahnya jangkauan dan daya tarik promosi wisata religi di daerah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan aplikasi Virtual Tour berbasis web yang dapat memberikan pengalaman interaktif dan menarik bagi pengguna, serta memperluas jangkauan promosi Islamic Centre. Aplikasi ini dirancang untuk menyajikan informasi secara modern, interaktif, dan mudah diakses, sehingga dapat meningkatkan minat wisatawan dalam mengunjungi destinasi tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah System Development Life Cycle (SDLC) dengan pendekatan waterfall, yang mencakup tahapan analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi, pengujian, dan pemeliharaan. Pengujian dilakukan melalui black-box testing dan usability testing menggunakan System Usability Scale (SUS). Hasil dari pengembangan aplikasi menunjukkan skor SUS rata-rata sebesar 83,4, yang dikategorikan sebagai "Excellent". Skor ini mencerminkan tingkat kepuasan pengguna yang tinggi, terutama dalam hal kemudahan penggunaan dan pengalaman interaktif yang diberikan oleh aplikasi. Pengujian black-box juga menunjukkan bahwa semua fitur aplikasi berjalan dengan baik dan sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

A. Z. Falani, “Pemanfaatan Virtual Tour Wisata Untuk Mendukung Digital Tourism Kota Gresik,” vol. XV, no. 2, pp. 156–164, 2024.

M. Adhe et al., “Perancangan dan Implementasi Virtual Tour Sebagai Media Promosi Inovatif Pada Fakultas Ilmu Komputer,” vol. 8, no. 3, pp. 1–8, 2024.

M. Rusdi and R. Rubino, “Madani Center Rokan Hulu Mosque: Management of Da’wah Media and Its Impact on the Quality of Community Religion,” Ishlah J. Ilmu Ushuluddin, Adab dan Dakwah, vol. 5, no. 1, pp. 19–35, 2023, doi: 10.32939/ishlah.v5i1.238.

H. Ismi et al., “Sosialisasi Budidaya Kurma dan Konsep Green Constitution,” J. Pengabdi. Kpd. Masy. (Indonesian J. Community Engag., vol. 5, no. 1, p. 17, 2019, doi: 10.22146/jpkm.32111.

S. Rahayu, S. Yanuar, and Y. Bustomi, “Optimizing Tourism Promotion for Situ Bagendit Through Innovation in a Web-Based Virtual Tour Application,” vol. 13, no. November, pp. 380–387, 2024, doi: 10.34148/teknika.v13i3.1037.

Hendra Maulana, Tri Lathif Mardi Suryanto, Ronggo Alit, L. S. P. Wardhani, and Tsabita Safana Mustofa, “Inovasi Interaktif Merancang dan Membangun Virtual Tour Asriloka Wonosalam Menggunakan Metode MDLC,” J. Fasilkom, vol. 13, no. 3, pp. 489–495, 2023, doi: 10.37859/jf.v13i3.6245.

Dwi Intan Af’idah, “Virtual Tour As A Tourist Attraction Promotion Media Using Multimedia Development Life Cycle,” Int. Conf. Digit. Adv. Tour. Manag. Technol., vol. 1, no. 1, pp. 253–266, 2023, doi: 10.56910/ictmt.v1i1.68.

P. A. Sumirat and M. Andriansyah, “Pengembangan Aplikasi E-Heritage Banten Berbasis Mobile Virtual Reality (Studi Kasus: Masjid Caringin Banten),” J. Ilm. Teknol. dan Rekayasa, vol. 23, no. 1, pp. 48–54, 2018, doi: 10.35760/tr.2018.v23i1.2450.

I. Muliyawati, S. Sudargo, and A. Wibisono, “Rancang Bangun Aplikasi Virtual Tour Haji Dan Umroh Menggunakan Mit App Inventor Berbasis Android,” JIPETIKJurnal Ilm. Penelit. Teknol. Inf. Komput., vol. 2, no. 1, pp. 29–38, 2021, doi: 10.26877/jipetik.v2i1.7587.

R. Hanugrah and D. A. P. Putri, “Penerapan Virtual Reality Sebagai Media Pengenalan Batik,” J. Pendidik. dan Teknol. Indones., vol. 1, no. 4, pp. 161–169, 2021, doi: 10.52436/1.jpti.37.

A. Suryadi, “Perancangan Aplikasi Game Edukasi Menggunakan Model Waterfall,” J. Petik, vol. 3, no. 1, p. 8, 2018, doi: 10.31980/jpetik.v3i1.352.

D. Rachmawati Lucitasari and M. Shodiq Abdul Khannan, “Designing Mobile Alumni Tracer Study System Using Waterfall Method: an Android Based,” Int. J. Comput. Networks Commun. Secur., vol. 7, no. 9, pp. 196–202, 2019, [Online]. Available: www.ijcncs.org

D. A. Mawsally and E. Sudarmilah, “A Virtual-Reality Edu-Game: Save The Environment from the Dangers of Pollution,” Khazanah Inform. J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 5, no. 2, pp. 140–145, 2019, doi: 10.23917/khif.v5i2.8194.

D. Velev and P. Zlateva, “Virtual Reality Challenges in Education and Training,” Int. J. Learn., vol. 3, no. 1, pp. 33–37, 2017, doi: 10.18178/IJLT.3.1.33-37.

F. S. Riyadi, A. Sumarudin, and M. S. Bunga, “Aplikasi 3D Virtual Reality Sebagai Media Pengenalan Kampus Politeknik Negeri Indramayu Berbasis Mobile,” JIKO (Jurnal Inform. dan Komputer), vol. 2, no. 2, p. 75, 2017, doi: 10.26798/jiko.2017.v2i2.76.

B. Khafid and D. A. P. Putri, “Pesma Apps as Android-based Integrated Applications for Mahasantri Pesma KH Mas Mansur UMS,” Khazanah Inform. J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 6, no. 2, pp. 95–102, 2020, doi: 10.23917/khif.v6i2.10494.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-01-22

Cara Mengutip

Sulaiman, A. ., Permata Bunda, Y. ., & Rangga Bakti, I. (2025). Pengembangan Aplikasi Virtual Tour Berbasis Web untuk Islamic Centre Kabupaten Rokan Hulu. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 4(9), 419-428. https://doi.org/10.52436/1.jpti.596