Siri Na Pacce: Menjembatani Jurang Komunikasi Generasi Z Dengan Pemanfaatan Socio-Cultural Morfology
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.508Kata Kunci:
komunikasi, modernisasi, siri’ na pacceAbstrak
Kehidupan masyarakat Bugis kaya akan kearifan lokal yang perlu terus dilestarikan secara turun temurun, salah satunya adalah kearifan lokal siri' na pacce. Siri' na pacce dikenal sebagai tombak kehidupan masyarakat Bugis yang mencerminkan filosofi hidup dalam artian menjaga harga diri dan pendirian masyarakat. Akan tetapi, kearifan lokal siri' na pacce mulai tergerus oleh modernisasi. Padahal, siri’ na pacce banyak mengajarkan pentingnya beretika dan berperilaku dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam berucap atau berbahasa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan melalui socio-cultural morphology diharapkan dapat menciptakan perilaku siswa yang lebih baik dengan berorientasi pada behavioral outcomes dengan dukungan nilai-nilai filosofi pada kearifan lokal siri’ na pacce, sehingga dapat meningkatkan communication skills siswa. Metode penelitian yang digunakan, yaitu metode quasi eksperimental tipe non-equivalent control group design. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 11 Bone dengan sampel penelitian yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas X IPS 2 sebagai kelas kontrol dan kelas X IPS 3 sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, tes dan kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen dengan nilai gain sebesar 0,83 atau 83%.
Unduhan
Referensi
N. Hidayah, "Modernisasi sistem pendidikan pesantren salafiyah," Riayah: J. Sosial dan Keagamaan, vol. 4, no. 01, pp. 60–72, 2019, doi: 10.32332/t56q9k12.
W. Achmad, "Citizen and netizen society: the meaning of social change from a technology point of view," J. Mantik, vol. 5, no. 3, pp. 1564–1570, 2021.
M. Ramli and S. P. Saleh, "Humanity-based leadership model in the government of South Sulawesi Province (integration of modern leadership with local wisdom)," J. Islam and Sci., vol. 7, no. 2, pp. 116–123, 2020, doi: 10.24252/jis.v7i2.18835.
M. Zulkarnaen, "Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal di era milenial," AL MA'ARIEF: J. Pendidikan Sosial dan Budaya, vol. 4, no. 1, pp. 1–11, 2022, doi: 10.35905/almaarief.v4i1.2518.
D. Oktariani and N. Herlissha, "Membangun Generasi Muda yang Memiliki Kecerdasan Spiritual dan Good Citizenship Melalui Mata Kuliah Pkn Dalam Menghadapi Tantangan Era Globalisasi," SEIKO: J. Manajemen dan Bisnis, vol. 6, no. 2, 2023, doi: 10.37531/sejaman.v6i2.5622.
A. M. I. T. Asfar and A. M. I. A. Asfar, "Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berbasis Local Wisdom," J. Innovation Res. and Knowledge, vol. 1, no. 5, pp. 687–698, 2021, doi: 10.53625/jirk.v1i5.461.
N. A. Fia, "Dampak westernisasi budaya asing terhadap gaya hidup generasi z berdasarkan perspektif Islam," Nazharat: J. Kebudayaan, vol. 29, no. 1, pp. 34–53, 2023, doi: 10.30631/nazharat.v29i1.100.
N. C. Ellis, "Essentials of a theory of language cognition," The Modern Language J., vol. 103, pp. 39–60, 2019, doi: 10.1111/modl.12532.
T. Dowling and L. Krause, "Ndifuna i meaning yakhe’: translingual morphology in English teaching in a South African township classroom," Int. J. Multilingualism, vol. 16, no. 3, pp. 205–225, 2019, doi: 10.1080/14790718.2017.1419475.
O. Mailani, I. Nuraeni, S. A. Syakila, and J. Lazuardi, "Bahasa sebagai alat komunikasi dalam kehidupan manusia," Kampret J., vol. 1, no. 2, pp. 1–10, 2022, doi: 10.35335/kampret.v1i1.8.
R. L. Gaol and R. Hutasoit, "Media Sosial Sebagai Ruang Sakral: Gereja Yang Bertransformasi Bagi Perkembangan Spiritualitas Generasi Z Dalam Era Digital," KENOSIS: J. Kajian Teologi, vol. 7, no. 1, pp. 146–172, 2021, doi: 10.37196/kenosis.v1i1.284.
R. Rasmiati et al., Siri'na Pacce: Transformasi Budaya Sosial Sebagai Kunci Peningkatan Kemampuan Komunikasi Generasi Z.
J. P. Sturmberg, "Health and disease are dynamic complex-adaptive states implications for practice and research," Frontiers in Psychiatry, vol. 12, p. 595124.
W. Damayanti et al., "Enhancement Complex Problem Solving Siswa SMP pada Materi Kesebangunan dan Kekongruenan Melalui Integrasi Perahu Tradisional Phinisi Khas Bugis," in Seminar Nasional Paedagoria, 2022, pp. 259–266.
S. S. Dewi et al., "Peningkatan Kemampuan Berpikir Analitik Siswa melalui Elaborasi Permainan Bugis Ma’benteng Terintegrasi 4C Skills Berbasis Android," in Seminar Nasional Paedagoria, 2022, pp. 286–291.