Rancang Bangun Platform Kolaborasi Creative Hub dan Client Berbasis Web dengan Agile dan Scrum

Penulis

  • Sugiharto Sistem Informasi, Fakultas Informatika, Universitas Mikroskil, Indonesia
  • Stevanny Holanda Sistem Informasi, Fakultas Informatika, Universitas Mikroskil, Indonesia
  • William Teknik Informatika, Fakultas Informatika, Universitas Mikroskil, Indonesia
  • Edbert Fortino Teknik Informatika, Fakultas Informatika, Universitas Mikroskil, Indonesia
  • Jeksen Lim Teknologi Informasi, Fakultas Informatika, Universitas Mikroskil, Indonesia
  • Gunawan Teknik Informatika, Fakultas Informatika, Universitas Mikroskil, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.488

Kata Kunci:

controller, creative hub, industri kreatif, Kolab Aja, proyek kolaboratif

Abstrak

Pemerintah Indonesia berupaya meningkatkan produktivitas 17 juta pelaku industri kreatif dengan potensi ekonomi senilai 1.100 triliun rupiah melalui pendirian Creative Hub di berbagai wilayah. Namun, Creative Hub sebagai penggerak utama sektor ini menghadapi tantangan besar, seperti pendanaan, edukasi pasar, dan koneksi mitra. Untuk mengatasi masalah ini, penelitian ini mengembangkan platform berbasis web bernama Kolab Aja, yang memfasilitasi kolaborasi digital antara Creative Hub dan client dengan dukungan controller/project manager. Platform ini dirancang menggunakan metodologi Agile dan Scrum dengan integrasi framework Laravel dan Vuetify untuk memastikan fleksibilitas dan pembaruan berdasarkan masukan pengguna. Evaluasi dilakukan melalui System Usability Scale (SUS) dengan skor 85,12 (kategori “Excellent”), dan Black Box Testing yang memastikan bahwa fungsi platform sesuai dengan spesifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kolab Aja secara efektif mengatasi hambatan utama, seperti inkonsistensi proyek dan ekspektasi client, serta memperkuat peran manajerial dalam ekosistem Creative Hub. Namun, penelitian ini memiliki keterbatasan pada skala uji coba yang masih terbatas di Indonesia. Penelitian lanjutan disarankan untuk memperluas cakupan pengujian, mengeksplorasi integrasi teknologi yang lebih canggih, serta mengembangkan model bisnis berbasis membership atau komisi untuk mendukung keberlanjutan Creative Hub.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

A. R. Firdaus et al., “Ekonomi Kreatif Sebagai Lokomotif Baru Perekonomian Indonesia Menuju Indonesia yang Maju,” MANABIS: Jurnal Manajemen dan Bisnis, vol. 3, no. 2, pp. 44–52, Jun. 2024, doi: 10.54259/manabis.v3i2.2518.

M. Rifatul Fadlilah et al., “Eksplorasi Pengembangan Potensi Ekonomi Kreatif di Era Digital,” Neraca Manajemen, Ekonomi, vol. 5, no. 7, doi: 10.8734/mnmae.v1i2.359.

A. C. Pratt, “Creative hubs: A critical evaluation,” City, Culture and Society, vol. 24, p. 100384, Mar. 2021, doi: 10.1016/j.ccs.2021.100384.

J. Berbegal-Mirabent, “What do we know about co-working spaces? Trends and challenges ahead,” Sustainability (Switzerland), vol. 13, no. 3, pp. 1–30, Feb. 2021, doi: 10.3390/su13031416.

R. Eka, “Lanskap Creative Hub di Indonesia,” DailySocial, Nov. 2020.

M. Khusaini, F. Finuliyah, and A. M. Lestari, “Eco-Creative Hub Model as The Key to Integrating Creativity and Sustainability,” Indonesian Journal of Multidisciplinary Research, 2023, doi: 10.17509/xxxx.xxx.

S. Hulikal Muralidhar, S. Rintel, and S. Suri, “Collaboration, Invisible Work, and The Costs of Macrotask Freelancing,” Proc ACM Hum Comput Interact, vol. 6, no. CSCW2, pp. 1–25, Nov. 2022, doi: 10.1145/3555175.

M. Ruseva, “Project Management in the Creative Industries,” in CBU International Conference Proceedings, vol. 7, Sep. 2019, doi: 10.12955/cbup.v7.1372.

M. A. Alshamari, “Usability Evaluation of Information Retrieval web-based systems using User Testing and SUS methods,” International Journal of Advances in Soft Computing and its Applications, vol. 15, no. 2, pp. 125–148, 2023, doi: 10.15849/IJASCA.230720.09.

J. M. Ríos and N. Pedreira-Souto, “Approach of Agile Methodologies in the Development of Web-Based Software,” Information (Switzerland), vol. 10, no. 10, Oct. 2019, doi: 10.3390/info10100314.

H. Koç et al., “UML Diagrams in Software Engineering Research: A Systematic Literature Review,” MDPI AG, Mar. 2021, p. 13. doi: 10.3390/proceedings2021074013.

A. Sunardi and Suharjito, “MVC Architecture: A Comparative Study Between Laravel Framework and Slim Framework in Freelancer Project Monitoring System Web Based,” Procedia Comput Sci, vol. 157, pp. 134–141, 2019, doi: 10.1016/j.procs.2019.08.150.

A. F. Rahmawati and Y. A. Susetyo, “Analisis Quality C Menggunakan Sonarqube dalam Suatu Aplikasi Berbasis Laravel,” IT-Explore: Jurnal Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi, vol. 2, no. 2, pp. 99–103, Jun. 2023, doi: 10.24246/itexplore.v2i2.2023.pp99-103.

N. Li and B. Zhang, “The Research on Single Page Application Front-end Development Based on Vue,” J Phys Conf Ser, vol. 1883, no. 1, p. 012030, Apr. 2021, doi: 10.1088/1742-6596/1883/1/012030.

T. A. Vakaliuk, O. V. Korotun, and S. O. Semerikov, “The selection of cloud services for ER-diagrams construction in IT specialists databases teaching,” CTE Workshop Proceedings, vol. 8, pp. 384–397, Mar. 2021, doi: 10.55056/cte.295.

M. Subhana and I. Wijaya, “Web Assessment of Sisfo Faculty of Science & Technology, Universitas Buddhi Dharma Tangerang Using The Likert Scale Method,” Bit-Tech, vol. 4, no. 3, 2022, doi: 10.32877/bt.v4i3.510.

S. Adam and Y. Pernando, “Analisis Usability dan Aksesibilitas Desain UI/UX Aplikasi HIMAKOM Universitas Universal Menggunakan System Usability Scale,” KLIK: Kajian Ilmiah Informatika dan Komputer, vol. 4, no. 5, pp. 2389–2397, 2024, doi: 10.30865/klik.v4i5.1479.

M. T. Abdillah et al., “Implementasi Black Box Testing dan Usability Testing pada Website Sekolah MI Miftahul Ulum Warugunung Surabaya,” Journal of Computer Science and Visual Communication Design, vol. 8, no. 1, pp. 234–242, Jul. 2023, doi: 10.55732/jikdiskomvis.v8i1.897.

G. Gu and F. Zhu, “Trust and Disintermediation: Evidence from an Online Freelance Marketplace,” Manage Sci, vol. 67, no. 2, pp. 794–807, Feb. 2021, doi: 10.1287/mnsc.2020.3583.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-12-17

Cara Mengutip

Sugiharto, S., Holanda, S., William, W., Fortino, E. ., Lim, J. ., & Gunawan, G. (2024). Rancang Bangun Platform Kolaborasi Creative Hub dan Client Berbasis Web dengan Agile dan Scrum. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 4(12), 565-583. https://doi.org/10.52436/1.jpti.488