Media Pembelajaran Teknik Bola Voli Berbasis Android untuk SMPN 13 Bandar Lampung

Penulis

  • Damayanti Program Studi Sistem Informasi, Universitas Teknokrat Indonesia, Indonesia
  • Thasya Putri Mayindy Program Studi Sistem Informasi, Universitas Teknokrat Indonesia, Indonesia
  • Tien Yulianti Program Studi Sistem Informasi, Universitas Teknokrat Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.472

Kata Kunci:

Android studio, Bola Voli, Kuis, MDLC, Passing

Abstrak

SMP Negeri 13 Bandar Lampung merupakan Sekolah Menengah Pertama yang berada di Jalan Marga No.57, Beringin Raya Kec. Kemiling, Kota Bandar Lampung. Proses pembelajaran PJOK yang diterapkan oleh SMP Negeri 13 Bandar Lampung saat ini masih menggunakan metode konvensional. Proses pembelajaran yang disampaikan guru menggunakan buku paket yang dibagikan saat proses belajar di kelas sehingga siswa kesulitan memahami isi materi pembelajaran terutama tentang materi teknik bola voli. Tujuan dari penelitian ini yaitu merancang aplikasi untuk memudahkan siswa SMPN 13 Bandar Lampung dalam mempelajari materi teknik permainan bola voli. Metode pengembangan sistem menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Penelitian ini menghasilkan aplikasi media pembelajaran teknik bola voli menggunakan framework android studio yang dapat mempermudah siswa memahami materi teknik permainan bola voli melalui gambar dan video animasi. Aplikasi ini meningkatkan motivasi siswa melalui fitur animasi interaktif dan kuis evaluasi. Pengujian terhadap sistem menggunakan ISO 25010 dengan melibatkan 27 responden. Hasil pengujian menunjukkan nilai sebesar 91,73%. untuk aspek usability hal ini menunjukan bahwa kualitas perangkat lunak secara keseluruhan mempunyai skala sangat baik dan layak dipergunakan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

G. A. Toto, “Effects and Consequences of Media Technology on Learning and Innovative Educational Strategies,” Online J. Commun. Media Technol., vol. 9, no. 1, 2019, doi: 10.29333/ojcmt/3988.

I. Kurniasih, Y. Arafat, and M. Mulyadi, “Strategi Pemberdayaan Sumber Daya Sekolah Dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pendidikan,” Cahaya Pendidik., vol. 6, no. 2, pp. 149–160, 2021, doi: 10.33373/chypend.v6i2.2798.

D. Qutni, M. Kristiawan, and Y. Fitriani, “Human Resource Management in Improving The Quality of Education,” Edunesia J. Ilm. Pendidik., vol. 2, no. 2, pp. 354–366, 2021, doi: 10.51276/edu.v2i2.132.

I. Maolani, K. Sumardi, and E. T. Berman, “Media pembelajaran perpipaan sistem refrigerasi berbasis aplikasi Android,” J. Inov. Teknol. Pendidik., vol. 9, no. 3, pp. 267–276, 2022, doi: 10.21831/jitp.v9i3.54103.

H. Hasyim and I. Bachtiar, “Improving Volleyball Game Learning Outcomes Through Cooperative Learning Model,” Gorontalo Sport Sci., vol. 1, no. 1, p. 1, 2021, doi: 10.31314/gss.v1i1.912.

Z. W. Kurniawan, “Aplikasi dasar-dasar permainan bola voli berbasis Android,” vol. 9, no. 4, pp. 2181–2186, 2016, doi: 10.31949/educatio.v9i4.6175.

M. A. Pratama, R. A. Bekti, and N. A. Muharram, “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Passing Bawah Bola voli melalui Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada Siswa Kelas V MIN Tulungagung Tahun Ajaran 2023/2024,” J. Kridatama Sains Dan Teknol., vol. 6, no. 01, pp. 200–211, 2024, doi: 10.53863/kst.v6i01.1057.

Y. Harvianto, “Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Selama Masa Pandemi Covid-19,” J. Porkes, vol. 4, no. 1, pp. 1–7, 2021, doi: 10.29408/porkes.v4i1.3485.

S. Huang, “The impact of technology on education in China,” Int. Rev. Educ., vol. 32, no. 3, pp. 330–334, 1986, doi: 10.1007/BF02426067.

M. Zainil, A. K. Kenedi, Rahmatina, T. Indrawati, and C. Handrianto, “The influence of a STEM-based digital classroom learning model and high-order thinking skills on the 21st-century skills of elementary school students in Indonesia,” J. Educ. e-Learning Res., vol. 10, no. 1, pp. 29–35, 2023, doi: 10.20448/jeelr.v10i1.4336.

R. Roedavan, B. Pudjoatmodjo, and A. Putri Sujana, “Multimedia Development Life Cycle (Mdlc),” ResearchGate, no. February, pp. 1–6, 2022, doi: 10.13140/RG.2.2.16273.92006.

M. Mustika, E. P. A. Sugara, and M. Pratiwi, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle,” J. Online Inform., vol. 2, no. 2, p. 121, 2018, doi: 10.15575/join.v2i2.139.

I. Kunto, D. Ariani, R. Widyaningrum, and R. Syahyani, “Ragam Storyboard Untuk Produksi Media Pembelajaran,” J. Pembelajaran Inov., vol. 4, no. 1, pp. 108–120, 2021, doi: 10.21009/jpi.041.14.

Sapriyah(2019), “Media Pembelajaran Bola Voli Berbasis Web (Word Electric Browser) Untuk Siswa Sekolah Menengah Atas,” J. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 13, pp. 2715–2723, 2021, doi: 10.26418/jppk.v13i3.75825.

S. Y. Bangun, N. N. Nasution, and R. S. D. Sihombing, “Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Teknik Dasar Bola Voli Pada Pelajar Sma Kelas X,” Riyadhoh J. Pendidik. Olahraga, vol. 6, no. 1, p. 170, 2023, doi: 10.31602/rjpo.v6i1.11653.

N. Marzuki, D. Wardiah, J. G. Manullang, and J. Gunawan, “Learning Media for Bottom Passing Techniques During Volleyball Games 1,” vol. 6, no. 2, pp. 91–98, 2024.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-11-27

Cara Mengutip

Damayanti, D., Mayindy, T. P. ., & Yulianti, T. (2024). Media Pembelajaran Teknik Bola Voli Berbasis Android untuk SMPN 13 Bandar Lampung. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 4(4), 165-174. https://doi.org/10.52436/1.jpti.472