Dampak Keamanan Informasi, Risiko Finansial, dan Waktu Pada E-Bisnis Pasca Covid-19 dengan UTAUT dan SEM: Tokopedia, Shopee, Blibli
DOI:
https://doi.org/10.52436/1.jpti.454Kata Kunci:
Digital, E-commerce, Platform, Risk, SEM, UTAUTAbstrak
E-commerce merupakan platform yang sangat penting untuk menunjang transaksi antara penjual dan pembeli di era digital, di mana informasi dapat diakses kapan saja dan di mana saja. Untuk mengetahui kualitas keamanan, risiko, informasi sosial, serta niat perilaku pengguna, diperlukan pengukuran dan pengujian terhadap ketertarikan mereka pada platform seperti Tokopedia, Shopee, dan Blibli yang merupakan portal utama e-commerce di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) yang telah dimodifikasi dengan menambahkan dimensi seperti financial risk, social risk, time risk, dan information security untuk mengevaluasi tingkat minat dan keberhasilan penerapan sistem e-commerce. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran yang lebih mendalam tentang persepsi pengguna terhadap kualitas serta efektivitas platform e-commerce yang digunakan dalam menunjang aktivitas transaksi online. Kombinasi metode UTAUT dengan Structural Equation Modeling (SEM) memungkinkan penelitian ini menghasilkan model evaluasi yang komprehensif dan terintegrasi. Model UTAUT mencakup lima variabel utama, yaitu pengaruh antara Perceived Ease of Use terhadap Perceived Use, Perceived Ease of Use terhadap Actual System Usage, Perceived Ease of Use terhadap Attitude toward Using, Attitude toward Using terhadap Behavioral Intention, serta Behavioral Intention terhadap Actual System Usage. Variabel-variabel tersebut kemudian dikombinasikan dengan dimensi tambahan, yaitu risiko keuangan, risiko sosial, risiko waktu, dan keamanan informasi. Pendekatan ini tidak hanya memberikan evaluasi menyeluruh terhadap implementasi platform e-commerce, tetapi juga menjadi dasar yang kuat untuk meningkatkan kualitas layanan e-commerce di masa depan. Dengan memahami kebutuhan dan preferensi pengguna, penelitian ini diharapkan mampu membantu pengembang menciptakan sistem yang lebih aman, efektif, dan sesuai dengan harapan konsumen.
Unduhan
Referensi
R. Putri Mahfuz, W. Hafizah, and A. S. Putri, “Implementasi E-Commerce Sebagai Media Bisnis Pada PKK Desa Limau Manis,” 2024. [Online]. Available: https://ejurnal.mitrakreasicendekia.com/index.php/mkc
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), “APJII Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang,” https://inet.detik.com/cyberlife/d-7169749/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang.
S. Susanti, W. Gunawan, and I. Koswara, “Pemanfaatan Media Sosial dalam Mengembangkan Pemasaran Batik Sukapura,” Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, vol. 8, no. 1, pp. 95–104, Mar. 2023, doi: 10.30653/jppm.v8i1.215.
N. Fauzi, H. Muslimah Az-Zahra, and A. P. Kharisma, “Analisis Usability Aplikasi Perangkat Bergerak Jual Beli Online dengan Model People At The Center of Mobile Application Development (PACMAD) (Studi Kasus?: Tokopedia, Bukalapak dan Shopee),” Mar. 2019. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id
P. A. Pambudi, “Keterkaitan antara pandemi covid-19 dengan eksploitasi alam The linkages between the covid-19 pandemic and the exploitation of nature,” JPLB, vol. 2021, no. 2, pp. 668–683, 2021, [Online]. Available: http://www.bkpsl.org/ojswp/index.php/jplbJPLB,5
B. F. Hirawan, “Indonesia dan COVID-19: Pandangan Multi Aspek dan Sektoral,” CSIS Indonesia, 2020.
P. Omas, M. Kurniawan, and F. Lorensia, “Pengaruh E-Service Quality Terhadap Minat Beli Pada Situs E-Commerce (Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak),” 2022.
A. Nainggolan et al., “Analisis Dampak Endorsment Selebriti Terhadap Minat Beli Skincare Pada Mahasiswa Manajemen Universitas Negeri Medan (UNIMED) Universitas Negeri Medan,” Jurnal Manajemen Bisnis Digital Terkini (JUMBIDTER), vol. 1, no. 3, 2024, doi: 10.61132/jumbidter.v1i2.143.
B. Irawan et al., KONSEP DASAR E-BUSINESS. 2023. [Online]. Available: www.globaleksekutifteknologi.co.id
R. Aguswidya Utami and M. Administrasi Bisnis, “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penggunaan Aplikasi E-Wallet Dana Di Kota Samarinda,” 2022.
E. P. Ariningsih, W. Wijayanti, and M. G. Prasaja, “Intention to Use E-wallet Dilihat dari Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Perceived Security, dan Trust,” Jurnal Maksipreneur: Manajemen, Koperasi, dan Entrepreneurship, vol. 11, no. 2, p. 227, Jan. 2022, doi: 10.30588/jmp.v11i2.916.
A. Ashghar, H. Nurlatifah, P. Studi, M. Pemasaran, F. Ekonomi, and D. Bisnis, “Analisis Pengaruh Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness, dan Perceived Risk terhadap Keinginan Membeli Kembali melalui e-Trust dan s-Satisfaction (Studi Kasus Pengguna Gopay pada Transaksi UMKM),” 2020. [Online]. Available: www.wartakota.com
G. P. L. P. Permana and P. C. Rosiana, “PENGARUH TINGKAT PERSEPSI KEGUNAAN, PERSEPSI KEMUDAHANPENGGUNAAN, TINGKAT PENGETAHUAN AKUNTANSI, DAN COMPUTER SELF EFFICACY PADA PENERIMAAN APLIKASI MYOB PADA SISWA SMK AKUNTANSI DI KOTA DENPASAR,” Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis, vol. 7, no. 1, pp. 89–5, Jun. 2022.
L. Latok, Marjun, Kamal, and F. U. S. Salim, “PENGARUH CITRA PERUSAHAAN, KUALITAS LAYANAN DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN BERBELANJA DI HYPERMART PALU GRAND MALL KOTA PALU,” Jurnal Ekonomi Trend, Jun. 2023.
F. Firmansyah, C. Rozi, and M. I. Prajawati, “Economic benefit, convenience dan risk benefit dalam mempengaruhi penggunaan Fintech yang berulang,” Jurnal Ekonomi Modernisasi, vol. 17, no. 2, pp. 113–124, Jul. 2021, doi: 10.21067/jem.v17i2.5578.