Service Quality Pembelajaran dan Sarana Belajar Terhadap Kepuasan Siswa di SMP IT Harapan Umat Ngawi

Penulis

  • Iqwan Mauludin Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Indonesia https://orcid.org/0009-0002-7032-5276
  • Achmad Supriyanto Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Indonesia
  • Rochmawati Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.374

Kata Kunci:

kepuasan siswa, pembelajaran, sarana belajar, service quality

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sekolah yang belum mengetahui secara pasti seberapa besar tingkat kepuasan siswa terhadap layanan pembelajaran dan sarana belajar di SMP IT Harapan Umat Ngawi. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan pembelajaran dan sarana belajar terhadap kepuasan siswa di SMP IT Harapan Umat Ngawi. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuanitatif dengan model survei. Dari hasil penelitian menunjukkan kepuasan siswa terhadap layanan pembelajaran berada pada kategori “Sangat Rendah” sebesar 0% (0 siswa), dalam kategori “Rendah” sebesar 8,3% (6 siswa), dalam kategori “Sedang” sebesar 9,7% (7 siswa), sementara kategori “Tinggi” sebesar 59,7% (43 siswa), dan “Sangat Tinggi” sebesar 22,2% (16 siswa). Sementara itu pada sarana belajar kepuasan siswa berada pada kategori “Sangat Rendah” sebesar 0% (0 siswa), dalam kategori “Rendah” sebesar 4,2% (3 siswa), dalam kategori “Sedang” sebesar 19,4% (14 siswa), sementara kategori “Tinggi” sebesar 65,3% (47 siswa), dan “Sangat Tinggi” sebesar 11,1% (8 siswa). Kesimpulan dari penelitian ini bahwa tingkat kepuasan siswa terhadap layanan pembelajaran berada pada tingkat tinggi dengan prosentase 59,7% dan tingkat kepuasan siswa terhadap sarana belajar berada pada tingkat tinggi dengan prosentase 65,3%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

S. Arikunto, Manajemen Penelitian, Jakarta: PT Rineka Cipta, Cet ke-7. Edisi Revisi, 2011.

P. N. Chonjo, "The Quality Of Education In Tanzanian Primary School: An Assesment Of Physical Facilities And Teaching Learning Materials," Utafiti Journal, vol. 1, no. 1, 2018.

J. A. Douglas, R. J. McClelland, and J. Davies, "Understanding student satisfaction and dissatisfaction : an interpretive study in the UK higher education context," Studies in Higher Education, vol. 40, no. 2, pp. 329-349, 2015.

Permendikbud No. 23 tahun 2013. Standar pelayanan minimal pendidikan dasar, 2013.

W. D. Puspitasari, "Pengaruh Sarana Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar," Jurnal Cakrawala Pendas, vol. 2, no. 2, Juli 2016. ISSN: 2442-747010855.

E. Sallis, Total Quality Management in Education, London: Routledge, 2014. https://books.google.co.id/books?id=7gpIGHagzF0C.

P. Sembiring, "Analysis of Student Satisfaction in The Process of Teaching and Learning Using Importance Performance Analysis," Journal of physic: Conference Series, vol. 930, no. 1, 2017.

P. Sopiatin, Manajemen Belajar Berbasis Kepuasan Siswa, Cilegon: Ghalia Indonesia, 2010.

K. E. Scott and J. A. Graham, "Service - Learning : Implications For Emphaty And Community Engagement In Elementary School Children," Journal Of Experiental Education, vol. 38, no. 4, pp. 354-372, 2015.

F. Tjiptono, Service, Quality & Satisfaction edisi II, Yogyakarta: C.V Andi Offset, 2009.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-06-21

Cara Mengutip

Mauludin, I., Supriyanto, A., & Rochmawati, R. (2024). Service Quality Pembelajaran dan Sarana Belajar Terhadap Kepuasan Siswa di SMP IT Harapan Umat Ngawi. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 4(1), 37-43. https://doi.org/10.52436/1.jpti.374