Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Neurosains Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Dasar

Penulis

  • Redha Septia Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia
  • Zulfani Sesmiarni Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.336

Kata Kunci:

Neurosains, Pendidikan agama islam, Pengembangan bahan Ajar

Abstrak

Bahan ajar merupakan sesuatu yang dipakai dalam membantu guru untuk melaksanakan proses belajar mengajar dikelas. Bahan ajar dapat berupa bahan tertulis ataupun bahan tidak tertulis. Dengan kata lain, dapat dikatakan bahwa sanya bahan ajar merupakan instrumen pembelajaran yang berisikan materi, metode, batasan, dan proses evaluasi yang dibuat secara sitematis dan menarik dalam rangka mencapai kompetensi yang diharapkan. Bahan Ajar merupakan bagian yang penting dalam menentukan kualitas pembelajaran. Rancangan  pengembangan bahan ajar perlu memperhatikan model pengembangannya untuk memastikan kualitas bahan ajar dalam menunjang efektifitas pembelajaran, karena pengembangan bahan ajar pada dasarnya merupakan proses yang bersifat linier dengan proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana bahan ajar berbasis neurosains pada mata pelajaran  Pendidikan Agama Islam Sangat penting untuk diketahui oleh guru karena,struktur system saraf mendasari tindakan manusia baik dari aspek kognitif,afektif,psikomotor agar guru lebih mudah dalam mengembangkan kecerdasan melalui metode pembelajaran yang menarik dan menyenangkan. Penelitian ini berbasis studi kepustakaan dengan mengambil data yang berasal dari sumber pustaka seperti jurnal peneltian, buku, dokumen dan lainya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa neurosains dapat mengembangkan kecerdasan intelektual peserta didik diSekolah Dasar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

H. T. Elitasari, “Kontribusi Guru dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Abad 21,” Jurnal Basicedu, vol. 6, no. 6, pp. 9508–9516, 2022.

D. Prasetyo, J. Danurahman, and H. Hermawan, “Implementasi pendidikan kewarganegaraan dalam mewujudkan warga negara baik dan cerdas,” Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS dan PKN, vol. 8, no. 1, pp. 15–23, 2023.

A. A. Rangkuti, Dasar-Dasar Pendidikan. Pradina Pustaka Grup, 2022.

M. Misnawi, M. F. Ubaidillah, and Z. Zainudin, “Upaya Strategis Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Pendidikan Ideal di MA Al-Ishlah Bilapora Barat Ganding Sumenep Madura,” Empiricism Journal, vol. 3, no. 2, pp. 149–159, 2022.

I. Mustofa, “Pendidikan Islam Sebagai Institusi Politik Demokrasi Tertinggi di Indonesia,” Halaqa: Islamic Education Journal, no. 1, pp. 27–42, 2017.

D. E. Lakapu, P. A. Lakapu, and D. Taloim, “PENGEMBANGAN MEDIA VIDEO INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN BANGUN RUANG BOLA BAGI SISWA SD,” Asimtot: Jurnal Kependidikan Matematika, vol. 4, no. 2, pp. 167–177, 2023.

R. H. Aufa, A. S. N. Muna, K. Rozikin, I. Aryanto, and H. Kusmawati, “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Membentuk Karakter Peserta Didik Yang Islami di Sekolah Dasar,” Adiba: Journal of Education, vol. 3, no. 2, pp. 185–193, 2023.

E. M. Paskalia Yasinta, “peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa melalui pendekatan contextual teaching and learning.,” Jurnal Pendidikan, vol. 2, 2020.

S. Suhardi, “Analisis Penerapan Pendidikan Agama Islam dalam Demensi Profil Pancasila,” Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia and Society, vol. 1, no. 1, pp. 468–476, 2022.

A. Imron, “Ilmu Tafsir Memahami Konsep Dasar dan Lingkup Kajian Pendidikan Islam,” Jurnal Literasiologi, vol. 10, no. 2, 2023.

D. Muh Husyain Rifa’I, Model Pembelajaran Kreatif, Inspiratif, Dan Motivatif. Cirebon: Yayasan Wiyata Bestari Samasta., 2022.

N. Butar-Butar, N. Nurmawati, and R. Ananda, “Pengembangan bahan ajar pendidikan agama Islam (PAI) berbasis kontekstual untuk meningkatkan capaian hasil belajar,” 2023.

A. Dwiyani, “Pendidikan Islam Multikultural diSekolah,” Darajat: Jurnal Pendidikan Agama Islam, vol. 6, no. 1, pp. 68–78, 2023.

M. S. S. Djibran, A. Askar, and S. Mashuri, “Pendidikan Agama Islam Berbasis Teori Pendidikan Empirisme John Lock,” Prosiding Kajian Islam dan Integrasi Ilmu di Era Society (KIIIES) 5.0, vol. 2, no. 1, pp. 218–223, 2023.

N. Indrianto, Pendidikan Agama Islam Interdisipliner Untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA, 2020.

B. Tiwery, Kekuatan Dan Kelemahan Metode Pembelajaran Dalam Penerapan Pembelajaran Hots. Malang: Media Nusa Creative, 2019.

S. Samsinar, “Urgensi Learning Resources (Sumber Belajar) dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Didaktika,” Jurnal Kependidikan, pp. 194–205, 2020.

H. Fatmawati, N. Hendracipta, and E. Andriana, “Pengembangan E-Bahan Ajar Berbasis Cerita Bergambar Tema Hidup Bersih dan Sehat pada Kelas II Sekolah Dasar,” Journal of Pharmacy and Pharmacology, vol. 29, no. 1, pp. 355–357, 2022.

E. Kosasih, Pengembangan Bahan Ajar. PT. Bumi Aksara, 2021.

N. Dharsono, F. M., Mawadah, L. P., & Ratnaningsih, “Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Flip Pdf Berbasis Etnomatematika Tari Badaya Wirahmasari Rancaekek,” Jurnal PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), vol. 6(4), 2022.

N. S. Amruddin, Roni, P., Agustina, T. S., & Ariantini, Metodologi Penelitian Kuantitatif. Pradini Pustaka, 2022.

Mukhtazar., Prosedur Penelitian Pendidikan. Absolute Media, 2020.

& S. Lestari, R., “High Order Thinking Skills (Hots) Dalam Pendidikan Agama Islam Berbasis Neurosains,” Tadrib, vol. 7(1), p. 64, 2021.

M. Amalia, “Neurosains dan Pendidikan Islam Menurut Al-Qur’an,” Ceudah-Journal Education and Social Science, vol. 2, no. 1, pp. 13–26, 2023.

R. Yao, R., Zhang, G., Wang, Y., & Bie, “Design of Teaching Material Evaluation Incentive Mechanism based on Game Theory,” Procedia Comput Sci, pp. 47–54, 2022.

M. Arsanti, “Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Penulisan KreatifBermuatan Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Religius Bagi Mahasiswa Prodi PBSI, FKIP, UNISSULA. KREDO,” Jurnal Ilmiah Bahasa Dan Sastra, pp. 69–88, 2018.

N. Z. Amanda and R. H. Hothimah, “Penanaman Konsep Bahan Ajar Era Pandemi Covid-19 Di Sd Karang Tengah Kota Tangerang,” MASALIQ, vol. 2, no. 2, pp. 199–208, 2022.

D. Iskandar, Z. Zuwerni, and S. Sofyan, “Pengembangan E-Modul Pelatihan Aplikasi Google Workspace For Education Untuk Penguatan Kompetensi Literasi Digital Guru MTs,” Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, vol. 3, no. 2, pp. 1005–1018, 2022.

Y. Syela and M. Prabawati, “PENILAIAN BAHAN AJAR MODUL MATERI ‘PENERAPAN DESAIN BUSANA UNTUK BERBAGAI BENTUK TUBUH WANITA,’” Practice of Fashion and Textile Education Journal, vol. 2, no. 2, pp. 65–81, 2022.

Y. Yulhendri, “Peningkatan keterampilan TIK guru dan pengayaan bahan ajar memanfaatkan media pembelajaran menggunakan scratch di IGTKI-PGRI Cengkareng Jakarta Barat,” Jurnal Abdidas, vol. 3, no. 3, pp. 599–606, 2022.

M. Limbong, F. Fahmi, and R. Khairiah, “Sumber Belajar Berbasis Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah: Learning Resources Based on Interactive Learning Media in School,” Decode: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, vol. 2, no. 1, pp. 27–35, 2022.

S. V. Nurfalah, F. S., Haryanti, Y. D., & Susilo, “Bahan Ajar Tematik 129 Berbasis Model Project Based Learning Untuk Siswa Sekolah Dasar,” Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, pp. 485–491, 2019.

I. K. W. Wiguna, I. N. Suastika, and L. H. Nirmayani, “Kebutuhan Bahan Ajar Mata Kuliah Konsep Dasar Matematika SD Pada Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar,” Jurnal Edutech Undiksha, vol. 10, no. 1, 2022.

M. Inayati, “Langkah-langkah Pengembangan Bahan Ajar PAI (Pendidikan Agama Islam),” Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, vol. 2, no. 1, pp. 115–123, 2023.

F. Faturahim and D. Purwanto, “Inovasi model pembelajaran digital pada guru pjok di kecamatan palu utara,” Multilateral: Jurnal Pendidikan Jasmani dan Olahraga, vol. 22, no. 4, pp. 223–233, 2023.

Y. Dewi, , Shidqi, Mudinillah, “Pengembangan Materi Ajar Bahasa Arab Berbasis Biologi Untuk Perguruan Tinggi.,” Journal of Arabic Education and Linguistics, pp. 45–60, 2021.

R. D. Agustin, “Pengembangan Modul Pembelajaran Himpunan dengan Pendekatan Kontekstual untuk Kelas VII SMP,” Jurnal Pendidikan Matematika (JPM), pp. 1–6, 2019.

Suyadi, PENDIDIKAN ISLAM DAN NEUROSAINS. 2020.

and S. Awhinarto, “Dalam Pendidikan Islam?: Analisis Kritis Pendidikan Karakter Islam Berbasis Neurosains Otak Karakter,” 2020.

Husamah dkk, Belajar dan Pembelajaran. Malang: UMM Press, 2018.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-12-18

Cara Mengutip

Septia, R., & Sesmiarni, Z. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Neurosains Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 3(10), 447-454. https://doi.org/10.52436/1.jpti.336