Rancang Bangun Aplikasi Quest Board Untuk Masyarakat Menggunakan Metode Devops Berbasis Android

Penulis

  • Bima Adityo Kurniawan Teknik Elektro, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Acep Taryana Teknik Elektro, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Yogi Ramadhani Teknik Elektro, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia
  • Ari Fadli Teknik Elektro, Universitas Jenderal Soedirman, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.52436/1.jpti.285

Kata Kunci:

Aplikasi Android, DevOps, Quest Board

Abstrak

Indonesia dikenal sebagai negara yang dikenal sangat menjunjung tinggi nilai gotong royong dan menolong satu sama lain. Dalam wilayah pedesaan masih sangat kental prinsip gotong royong ini. Namun dalam wilayah perkotaan, seringkali kita melihat masyarakat yang jangankan untuk dimintai pertolongan ataupun bantuan, sekadar berkenalan pun cukup sulit. Dikarenakan sifat individualistis yang lebih dominan pada penduduk kota dibandingkan penduduk desa, maka muncul sikap acuh tak acuh terhadap sesama. Berdasarkan masalah tersebut maka dikembangkan sebuah aplikasi bernama Kota Quest: Aplikasi Quest Board untuk masyarakat perkotaan. Pengembangan dan pembuatan aplikasi ini merupakan salah satu wujud penerapan kembali prinsip saling membantu satu sama lain bangsa Indonesia yang sudah mulai hilang khususnya pada daerah perkotaan. Aplikasi ini menggunakan metode DevOps dalam pengembangannya. DevOps merupakan metode baru dalam Software Development dan hadir sebagai solusi atas masalah metode modern lain dimana pengguna belum dapat merasakan produk yang sudah jadi selama tahap development. DevOps tidak terlalu mementingkan persyaratan sistem yang lengkap pada awal development. Sebagai gantinya, persyaratan dibuat secara langsung dalam bentuk model untuk kemudian diimplementasikan dan dikembangkan, sehingga pengguna dapat secara cepat mendapatkan gambaran umum dari produk yang akan dibuat. Implementasi pengembangan aplikasi ini menggunakan Kotlin sebagai bahasa pemrograman yang digunakan dan Firebase untuk back-end, serta beberapa tools lain yang mendukung pengembangan aplikasi. Hasil dari penelitian ini adalah berupa aplikasi mobile yang dapat dipasang pada perangkat Android dan terhubung dengan Firebase datastore. Aplikasi ini diharapkan dapat membantu melestarikan budaya gotong royong yang sudah sulit ditemukan pada masyarakat kota.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

T. N. Effendi, “Budaya Gotong Royong Masyarakat Dalam Perubahan Sosial Saat Ini,” Jurnal Pemikiran Sosiologi, vol. 2, no. 1, p. 1, Jan. 2016, doi: 10.22146/jps.v2i1.23403.

S. Andrews, D. A. Ellis, H. Shaw, and L. Piwek, “Beyond Self-Report: Tools to Compare Estimated and Real-World Smartphone Use,” PLoS One, vol. 10, no. 10, p. e0139004, Oct. 2015, doi: 10.1371/journal.pone.0139004.

A. Taryana, A. Fadli, E. Murdyantoro, and S. Rahmah Nurshiami, “DevOps Approach Embraces Forward and Reverse Engineering,” International Journal of Applied Information Technology, vol. 04, no. 02, 2020, doi: 10.25124/ijait.v4i02.2865.

I. B. A. Y. Bharata, D. Mahariani, A. A. M. A. Dwiantari, K. S. Budiawan, N. N. T. Apriliyani, and F. Rahman, “PEMETAAN JALUR PENDAKIAN PADA KAWASAN HUTAN LINDUNG BUKIT CEMARA GESENG VIA DESA SILANGJANA MENGGUNAKAN APLIKASI GPS ALPHINE QUEST DAN GOOGLE EARTH PRO,” Jurnal ENMAP., vol. 2, no. 2, pp. 1–9, Sep. 2021, doi: 10.23887/em.v2i2.39131.

A. Putra Pratama, A. Putra Kharisma, and R. C. Wihandika, “Pengembangan Aplikasi Daily Quest: Aplikasi Untuk Menangani Kemalasan Pada Anak Menggunakan Platform Android,” 2019. [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id

S. Suparman, “MENEMUKAN KARAKTERISTIK BUTIR MENGGUNAKAN QUEST,” Al-Manar, vol. 9, no. 1, pp. 83–104, Jun. 2020, doi: 10.36668/jal.v9i1.134.

A. Taryana, A. Fadli, and S. R. Nurshiami, “Merancang Perangkat Lunak Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Perguruan Tinggi yang Memiliki Daya Adaptasi Terhadap Perubahan Kebutuhan Pengguna secara Cepat dan Sering,” JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI SAINS DAN TEKNOLOGI, vol. 5, no. 3, pp. 121–129, Apr. 2020, doi: 10.36722/SST.V5I3.372.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-05-15

Cara Mengutip

Adityo Kurniawan, B., Taryana, A. ., Ramadhani, Y. ., & Fadli, A. (2023). Rancang Bangun Aplikasi Quest Board Untuk Masyarakat Menggunakan Metode Devops Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Dan Teknologi Indonesia, 3(4), 151-164. https://doi.org/10.52436/1.jpti.285